Nyelonong untuk khutbah/imam

Sebagaimana tradisi yang berlaku, khatib dan imam Jum’at digilir berdasarkan hasil musyawarah masyarakat. Suatu ketika seseorang yang tidak mendapat giliran, nyelonong berkhutbah sekaligus mengimami.

a. Bagaimana hukumnya nyelonong berkhutbah dan mengimami tersebut?

b. Bagaimana hukum Jum’atannya?

Nyelonong berkhutbah dan mengimami hukumnya haram, sebab termasuk ghashab. Sedang Jum’atannya sah.

فَصْلٌ فِي الْغَصْبِ. وَهُوَ إلى أن قال : وَشَرْعًا اسْتِيْلاَءٌ عَلَى حَقِّ الْغَيْرِ بِلاَ حَقٍّ (قوله عَلَى حَقِّ الْغَيْرِ) وَلَوْ مَنْفَعَةً كَإِقَامَةِ مَنْ قَعَدَ بِمَسْجِدٍ أَوْ سُوْقٍ وَإِنْ لَمْ يَسْتَوْلِ عَلَى مَحَلِّهِ إلى ان قال وَالْقُعُوْدُ لِذِكْرٍ أَوْ تَسْبِيْحٍ أَوْ سَمَاعِ قُرْآنٍ حُكْمُهُ كَالْجَالِسِ لِلصَّلاَةِ [بجيرمي علي الخطيب 3/137].

“Ghashab menurut terminologi syara’ adalah menguasai hak orang lain dengan cara yang tidak benar. Kalimat “hak orang lain” sekalipun hanya berupa manfaat (bukan materi), seperti menyuruh berdiri orang yang telah duduk di masjid atau di pasar, meskipun ia tidak menduduki tempat tersebut … Duduk-duduk di masjid untuk berdzikir, membaca tasbih ataupun mendengarkan Alqur’an, hukumnya seperti orang duduk untuk shalat.” (Bujairami ‘ala al-Khatib III/137).

(قَوْلُهُ كَجُلُوْسِهِ عَلَى فِرَاشِ غَيْرِهِ) إلى أن قال أَيْ وَكَجُلُوْسِهِ عَلَى فِرَاشِ غَيْرِهِ أَيْ بِغَيْرِ إِذْنِهِ فَهُوَ غَاصِبٌ لَهُ وَإِنْ لَمْ يَنْقُلْهُ [إعانة الطالبين 3/137]

“Kalimat ‘seperti duduk di atas tikar orang lain’ yakni tanpa seizin, maka statusnya juga mengghashab, meskipun tanpa memindahkan.” (I’anah al-Thalibin I/137).

(قوله وَلَيْسَ لِلْعَارِيْ غَصْبُ الثَّوْبِ) أَيْ لاَ يَجُوْزُ أَنْ يَأْخُذَ الثَّوْبَ قَهْرًا مِنْ مَالِكِهِ فَلَوْ أَخَذَهُ وَصَلَّى بِهِ صَحَّتْ صَلاَتُهُ مَعَ الْحُرْمَةِ كَمَا مَرَّ [إعانة الطالبين 1/114].

“Kalimat ‘tidak boleh bagi orang yang telanjang mengghashab pakaian,’ yakni tidak boleh mengambil pakaian orang lain secara paksa. Andai ia mengambil pakaian tersebut untuk digunakan shalat, maka tetap sah

shalatnya, namun haram, sebagaimana keterangan yang terdahulu.” (I’anah al-Thalibin I/114).

Category:

0 comments:

Post a Comment