Shalat hari-hari tertentu

Bagaimana hukumnya sengaja melakukan shalat pada hari-hari tertentu seperti ‘Asyura, Nishfu Sya’ban dan sebagainya? Jika tidak boleh bagaimana jalan keluarnya ?

Shalat sebagaimana tersebut hukumnya tidak boleh, bid’ah qabihah. Bila melakukannya, ia harus berniat shalat sunat muthlaqah atau shalat sunat hajat, tidak berniat mengkhusus-kan hari tersebut.

(فَائِدَةٌ) أَمَّا الصَّلاَةُ الْمَعْرُوْفَةُ لَيْلَةَ الرَّغَائِبِ وَنِصْفَ شَعْبَانَ وَيَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَبِدْعَةٌ قَبِيْحَةٌ وَأَحَادِيْثُهَا مَوْضُوْعَةٌ [هامش إعانة الطالبين 1/270]

“(Faedah). Adapun shalat yang dikenal malam Raghaib, Nishfu Sya’ban dan hari Asyura itu bi’dah qabihah sedang-kan haditsnya maudlu’.” (Hamisy I’anah al-Thalibin I/270)

(تَنْبِيْهٌ) قَالَ الْعَلاَّمَةُ الشَّيْخُ زَيْنُ الدِّيْنِ تِلْمِيْذُ ابْنِ حَجَرٍ الْمَكِّيُّ فِيْ كِتَابِهِ "إِرْشَادُ الْعِبَادِ" كَغَيْرِهِ مِنْ عُلَمَاءِ الْمَذْهَبِ: وَمِنَ الْبِدَعِ الْمَذْمُوْمَةِ الَّتِيْ يَأْثَمُ فَاعِلُهَا وَيَجِبُ عَلَى وُلاَةِ اْلأَمْرِ مَنْعُ فَاعِلِهَا صَلاَةُ الرَّغَائِبِ إِلَى أَنْ قَالَ أَمَّا أَحَادِيْثُهَا فَمَوْضُوْعَةٌ بَاطِلَةٌ وَلاَ تَغْتَرَّ بِمَنْ ذَكَرَهَا اها. (قُلْتُ) وَمِثْلُهُ صَلاَةُ صَفَرَ فَمَنْ أَرَادَ الصَّلاَةَ فِيْ وَقْتٍ مِنْ هَذِهِ اْلأَوْقَاتِ فَلْيَنْوِ النَّفْلَ الْمُطْلَقَ فُرَادَى مِنْ غَيْرِ عَدَدٍ مُعَيَّنٍ وَهُوَ مَا لاَ يَتَقَيَّدُ بِوَقْتٍ وَلاَ سَبَبٍ وَلاَ حَصْرَ لَهُ [كنْز النجاح والسرور 17 – 18]

“(Perhatian). Al-‘Allamah al-Syaikh Zainuddin muridnya Ibn Hajar al-Makki di dalam kitabnya Irsyad al-‘Ibad sebagaimana ulama madzhab yang lain berkata: Termasuk bid’ah tercela yang berdosa bagi yang melakukan dan wajib bagi pemegang urusan/ kekuasaan mencegah adalah shalat Raghaib… Adapun haditsnya maudlu’ dan batal. Janganlah terpedaya orang yang menyebutnya. Aku berkata: Semisal hal tersebut adalah shalat Shafar, maka barang siapa yang hendak melakukan shalat pada waktu-waktu dimaksud hendaklah niat shalat sunat muthlaqah secara sendiri-sendiri,

tidak berjamaah, tanpa hitungan rekaat yang pasti. Nafl mutlaq adalah shalat yang tanpa terikat waktu, sebab dan hitungan rekaat.” (Kanz al-Najah wa al-Surur 17-18)

Shalat sunah belum qadla fardlu

Category:

0 comments:

Post a Comment