Sholawat memohon rizqi yang luas dan akhlaq yang baik

Fadhilah khasiat dan barokah sholawat Tausi'ul arzaqwatahsiul akhlaq.

Sholawat ini dinamakan sholawat tausi’ul arzaaq dan tahsinul akhlak,  (mohon riqzi yang luas dan akhlaq yang baik) adapun fadilah dan khasiatnya, jika shalawat ini dibaca secara rutin & istiqomah, niscaya akan diluaskan rizkinya dan diberi akhlak yang baik. Cara mengamalkannya adalah dibaca setiap selesai shalat fardhu sebanyak 11 (sebelas ) kali Ini sholawatnya :

اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُوَسِّعُ بِهَا عَلَيْنَا اْلاَرْزَاقَ وَتُحَسِّنُ بِهَا لَنَا

اْلاَخْلاَقَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

ALLAHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN SHOLAATAN TUWASSI'UBIHAA 'ALAINAL ARZAAQA WA TUHASSINU BIHAA LANAL AKHLAAQA WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHI WASALLIM

Artinya :

“ Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan pada Penghulu kami Nabi Muhammad dengan shalawat yang dapat melapangkan rizki bagi kami, dan menjadikan baiknya akhlak kami, dan curahkan pula kesejahteraan atas keluarga dan sahabat-sahabatnya serta berikanlah keselamatan “.

[+/-] Selengkapnya...

Takjil fitrah di rantau

TAKJIL FITRAH DI RANTAU

Seseorang di rantau sebelum pulang kampung telah takjil mengeluarkan zakat fitrah , kemudian ia sudah tiba di rumah sebelum matahari terbenam saat malam lebaran. Cukupkah zakat fitrah yg telah dikeluarkan tempo hari ?

Zakat fitrah tempo hari tidaklah cukup tapi ia harus mengeluarkan lagi.

(مَسْئَلَةٌ) تَجِبُ زَكَاةُ الْفِطْرِ فِي الْمَوْضِعِ الَّذِيْ كَانَ الشَّخْصُ فِيْهِ عِنْدَ الْغُرُوْبِ فَيَصْرِفُهَا لِمَنْ كَانَ هُنَاكَ مِنَ الْمُسْتَحِقِّيْنَ

وَإِلاَّ نَقَلَهَا إِلَى أَقْرَبِ مَوْضِعٍ إِلىَ ذَلِكَ الْمَكَانِ وَلاَ يُجْزِئُهُ الْمُعَجَّلُ لَوْ كَانَ قَدْ عَجَّلَهَا وَالْحَالَةُ هَذِهِ بَلْ يُخْرِجُ ثَانِيًا. نَعَمْ لَوْ كَانَ حِيْنَ الْغُرُوْبِ بِمَوْضِعٍ لاَ فُقَرَاءَ فِيْهِ وَكَانَ الْمَكَانُ الْمُعَجَّلَةُ هِيَ فِيْهِ أَقْرَبَ الْمَوَاضِعِ إِلَيْهِ أَجْزَأَهُ حِيْنَئِذٍ [غاية تلخيص المراد 113]

“Wajib mengeluarkan zakat fitrah di tempat seseorang ketika matahari terbenam ia berada, kemudian di berikan pada orang–orang yang berhak di tempat tersebut. Tidaklah cukup zakat yang ditakjil andaikan ia telah mentakjilnya dan memang demikian inilah, tetapi ia harus mengeluarkan yang kedua kalinya. Benar demikian, andaikata seseorang ketika matahari terbenam berada ditempat yang tidak ada orang-orang fakir sama sekali dan tempat yang ia keluarkan zakat fitrah dengan takjil merupakan tempat yang paling dekat bagi dirinya, maka yang demikian sudah mencukupi.” (Talkhish al-Murad 113)

[+/-] Selengkapnya...

Zakat untuk lembaga sosial

ZAKAT UNTUK LEMBAGA SOSIAL

Bagaimana hukum memberi zakat pada masjid, madrasah, yayasan sosial dsb ?

Memberikan zakat sebagaimana di atas hukumnya tidak boleh, menurut jumhur ulama.

(مَسْئَلَةٌ) لاَ يَسْتَحِقُّ الْمَسْجِدُ شَيْئًا مِنَ الزَّكَاةِ مُطْلَقًا إِذْ لاَ

يَجُوْزُ صَرْفُهَا إِلاَّ لِحُرٍّ مُسْلِمٍ [بغية المسترشدين 106]

“Masjid mutlak tidak berhak menerima zakat sama sekali, sebab zakat tidak boleh diberikan kecuali hanya kepada orang merdeka yang beragama Islam.” (Bughyah al-Mustarsyidin 106).

اِتَّفَقَ اْلأَئِمَّةُ اْلأَرْبَعَةُ عَلَى أَنَّهُ لاَ يَجُوْزُ إِخْرَاجُ الزَّكَاةِ لِبِنَاءِ مَسْجِدٍ أَوْ تَكْفِيْنِ مَيِّتٍ [الميزان الكبرى 2/13]

“Imam empat (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali ) sepakat bahwa tidak boleh mengeluarkan zakat untuk membangun masjid atau mengurus orang mati.” (Al-Mizan al-Kubra II/13)

[+/-] Selengkapnya...

Fakir tidak shalat menerima zakat

FAKIR TIDAK SHALAT MENERIMA ZAKAT

Seorang fakir mengaku beragama Islam tapi tidak mengerjakan shalat. Bolehkah ia diberi zakat?

Apabila sejak umur baligh orang tersebut belum pernah mengerjakan shalat maka tidak boleh diberi zakat, dan

apabila sesudah baligh sudah pernah mengerjakan shalat kemudian meninggalkannya, maka boleh diberi zakat.

قَالَ اْلإِمَامُ النَّوَوِيّ: مَنْ بَلَغَ تَارِكًا لِلصَّلاَةِ وَاسْتَمَرَّ عَلَيْهِ لَمْ يَجُزْ إِعْطَاؤُهُ الزَّكَاةَ إِذْ هُوَ سَفِيْهٌ بَلْ يُعْطَى وَلِيُّهُ لَهُ بِخِلاَفِ مَا لَوْ بَلَغَ مُصَلِّيًا رَشِيْدًا ثُمَّ طَرَأَ تَرْكُ الصَّلاَةِ وَلَمْ يُحْجَرْ عَلَيْهِ فَيَصِحُّ قَبْضُهُ بِنَفْسِهِ كَمَا تَصِحُّ تَصَرُّفَاتُهُ اهر[بغية المسترشدين 106]

“Imam Nawawi berkata: “Barang siapa telah baligh dan selalu meninggalkan shalat, maka tidak boleh memberikan zakat padanya, karena dia safih (bodoh), tapi diberikan kepada walinya. Berbeda apabila dia baligh pintar dan mengerjakan shalat, kemudian dia meninggalkan shalat dan tidak dicegah tasharrufnya, maka dia boleh menerima sendiri, sebagaimana sah tasharrufnya.” (Bughyah al-Mustarsyidin 106).

[+/-] Selengkapnya...

Zakat usaha jasa

ZAKAT USAHA JASA

Apakah wajib zakat usaha yang bergerak dalam bidang jasa seperti pengangkutan, penggilingan dan sejenisnya?

Usaha bidang jasa tersebut wajib zakat karena mengandung arti tijarah.

وَلَوْ اَجَّرَ الشَّخْصُ مَالَهُ أَوْ نَفْسَهُ وَقَصَدَ بِاْلأُجْرَةِ إِذَا كَانَتْ غَرَضًا لِلتِّجَارَةِ تَصِيْرُ مَالَ تِجَارَةٍ لأَنَّ اْلإِجَارَةَ مُعَاوَضَةٌ [كفاية الأخيار 1/178]

“Bila seseorang menyewakan harta benda atau mempeker-jakan diri dengan maksud untuk mendapatkan upah bila-mana sasarannya untuk berdagang maka menjadi harta dagangan, karena persewaan itu tukar-menukar”. (Kifayah al-Akhyar I/178).

(قَوْلُهُ وَاْلإِجَارَةُ لِنَفْسِهِ أَوْ مَالِهِ) فَإِذَا أَجَّرَ نَفْسَهُ بِعِوَضٍ بِقَصْدِ التِّجَارَةِ صَارَ ذَلِكَ الْعِوَضُ مَالَ ِتجَارَةٍ [موهبة ذي الفضل 4/31].

“Kalimat ’mempekerjakan diri atau menyewakan harta.’ Bila seseorang mempekerjakan diri dengan upah untuk tujuan dagang maka upah tersebut menjadi harta dagangan”. (Muhibbah Dzi al-Fadl IV/31)

[+/-] Selengkapnya...

zakat tijarah sebelum haul dan nishab

ZAKAT TIJARAH SEBELUM HAUL DAN NISHAB

Bolehkah mengeluarkan zakat dagangan sebelum ada satu tahun dan sebelum mencapai satu nishab?

Mengeluarkan zakat dagangan sebelum genap satu tahun dan sebelum mencapai satu nishab hukumnya boleh apabila setelah genap satu tahun antara malik dan mustahiq statusnya masih tetap.

وَالَّثانِيْ وَهُوَ عُرُوْضُ التِّجَارَةِ يَجُوْزُ إِخْرَاجُهَا قَبْلَ مِلْكِ النِّصَابِ وَقَبْلَ الْحَوْلِ وَعَلَّلُوْا ذَلِكَ بِأَنَّ النِّصَابَ فِيْهَا مُعْتَبَرٌ بآخِرِ الْحَوْلِ وَبِأَنَّ حَوْلَهَا يَنْعَقِدٌ بِمُجَرَّدِ الشِّرَاءِ بِنِيَّةِ التِّجَارَةِ وَهَذَا كُلُّهُ ظَاهِرٌ مُصَرَّحٌ بِهِ فِيْ كُتُبِ الْمَذْهَبِ [قرة العين بفتاوي إسماعيل الزين 103]

“Kedua yaitu barang dagangan, boleh mengeluarkan zakat-nya sebelum mencapai satu nishab dan sebelum satu tahun. Para ulama memberi argumentasi, bahwa nishabnya diper-hitungkan pada akhir tahun sedangkan haulnya terjadi

dengan sendirinya pada waktu membeli dengan niat berda-gang. Semua ini sudah jelas keterangannya dalam kitab-kitab fiqh. (Qurrah al-‘Ain bi Fatawi Ismail al-Zain 103).

[+/-] Selengkapnya...

Zakat tijarah dengan barang

ZAKAT TIJARAH DENGAN BARANG

Ada orang berdagang, pada akhir tahun dagangannya telah

mencapai satu nishab. Bolehkah ia mengeluarkan zakat dengan barang dagangannya?

Tidak boleh mengeluarkan zakat dengan barang dagangan, tetapi harus dengan qimah, nilai tukarnya.

وَلاَ يَجُوْزُ لِمَالِكٍ نَقْلُ الزَّكَاةِ عَنْ بَلَدِ الْمَالِ وَلَوْ إِلَى مَسَافَةٍ قَرِيْبَةٍ وَلاَ تُجْزِئُ وَلاَ دَفْعُ الْقِيْمَةِ فِيْ غَيْرِ مَالِ التِّجَارَةِ وَلاَ دَفْعُ عَيْنِهِ فِيْهِ (قَوْلُهُ وَلاَ دَفْعُ عَيْنِهِ)… أَيْ وَلاَ يَجُوْزُ دَفْعُ الْعَيْنِ فِيْ مَالِ التِّجَارَةِ عَنِ الزَّكَاةِ وَلاَ يُجْزِئُ لأَنَّ مُتَعَلَّقَهَا الْقِيْمَةُ [اعانة الطالبين 2/198]

“Tidak diperbolehkan pemilik harta memindahkan harta zakat dari tempat harta itu berada walaupun ke tempat yang dekat (kurang dari dua marhalah) dan tidak dianggap mencukupi. Tidak boleh pula memberikan zakat dalam

bentuk qimah, nilai tukar, pada selain harta dagangan. Demikian juga tidak boleh dalam bentuk barang pada harta dagangan. Kata ’tidak boleh memberikan zakat dalam bentuk barang dst’ dan dianggap tidak mencukupi, karena yang diperhitungkan adalah nilai tukarnya”. (I’anah al-Thalibin II/198).

[+/-] Selengkapnya...